::
you're reading...
Info

Less Talk More Music!

Radio dengan format siaran Less Talk More Music memiliki beberapa keunggulan:

  • Berbagai riset menunjukkan, pendengar memilih radio tertentu untuk didengar adalah karena lagu yang diputar. Daripada menciptakan acara yang belum tentu disuka oleh pendengar, memutar lagu sepanjang hari bisa menjadi pilihan karena tidak ada pendengar yang tidak mau mendengarkan lagu. Mereka yang mendengarkan radio, secara umum adalah untuk mencari lagu dan hiburan, disamping informasi tentunya.
  • Hemat Sumber Daya Manusia. Karena komposisi lagu lebih dominan, otomatis jumlah penyiar yang diperlukan bisa lebih diminimalkan. Penyiar bisa diatur hanya mengudara pada jam-jam tertentu. Sedangkan untuk jam lainnya tugas siaran bisa diserahkan kepada operator atau bahkan berbagai software otomatisasi siaran melalui komputer.
  • Selain penyiar, SDM yang bisa diminimalkan adalah tim kreatif. Karena didominasi oleh lagu, maka kreatif program tidak menjadi hal yang utama. Pemikirnya cukup Music Director yang bisa dirangkap oleh seorang Program Manager.

Sedangkan kelemahannya adalah:

  • Sangat tergantung pada kejelian Music Director (MD) dalam memilih dan mengkompilasikan lagu. Jika pilihan MD meleset, tidak menjawab selera pendengar atau bahkan jika dalam memilih lagu dipengaruhi oleh selera pribadinya, bisa dipastikan pendengar akan bosan dan akan meninggalkan radio kita. Hal ini menjadi point tersulit, karena sebagai manusia, MD memiliki selera pribadi yang kemungkinan besar bisa mempengaruhi selera pemutaran lagu di radio kita.
  • Nasib tergantung pada persepsi pendengar apakah lagunya enak atau tidak. Kalau sampai pendengar mempersepsikan lagu-lagu pilihan radio kita tidak enak untuk dinikmati, bisa dipastikan radio kita akan ditinggalkan.
  • Tidak bisa terlalu melibatkan pendengar karena less talk. Salah satu creative yang bisa digunakan adalah pemutaran request – permintaan lagu dari pendengar. Hal ini pun jika tidak disiasati dengan baik akan membuat radio kita terjebak memenuhi permintaan pendengar dan pemutaran lagu yang itu-itu saja.

Hal lain yang perlu diwaspadai oleh radio yang menerapkan Less Talk More Music adalah ribuan radio online baik dari dalam maupun luar negeri, music channel di televisi dan berbagai alat pemutar lagu yang bisa memberikan kebebasan bagi pendengar untuk memilih lagu yang saat ini mereka ingin dengarkan.

Format Less Talk More Music adalah pilihan yang simple dan lebih hemat biaya sehingga layak dipertimbangkan sebagai pilihan baik bagi pendengar maupun pengelola radio. ( Alex Santosa/radioclinic.com).*

About romeltea

Journalist, Book Writer, Announcer, Broadcaster, Lecturer, Trainer. Official Website: www.romeltea.com

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: